Cerita Dongeng Adi dan Burung

cerita dongeng yang mendidik

Dahulu kala, di sebuah desa kecil di tengah hutan hiduplah seorang anak laki-laki yang bernama Adi. Adi selalu merasa sedih dan kesepian karena dia tidak memiliki teman bermain. Setiap hari, Adi akan pergi ke hutan untuk bermain dengan hewan-hewan di sana, tapi mereka tidak bisa berbicara dengan dia seperti manusia.

Suatu hari, ketika Adi sedang bermain di hutan, dia menemukan seekor burung kecil yang terjebak dalam perangkap. Adi merasa iba melihat burung itu dan membantunya keluar dari perangkap. Burung itu sangat bersyukur dan memberikan sebuah hadiah kepada Adi.

Baca juga Balas Budi Kerbau

“Hai Adi, terima kasih telah menyelamatkan nyawaku. Sebagai tanda terima kasih, aku akan memberikanmu sebuah kekuatan khusus,” kata burung itu.

Adi sangat senang mendengarnya dan bertanya, “Apa kekuatan khusus itu?”

Burung itu menjawab, “Kekuatan itu adalah kekuatan untuk memahami bahasa hewan. Sekarang, kamu bisa berbicara dengan hewan seperti manusia.”

Adi merasa sangat senang dengan hadiah itu dan mulai berbicara dengan hewan-hewan di hutan. Dia berteman dengan burung-burung, bermain dengan rusa dan berbicara dengan beruang. Kini Adi tidak lagi merasa kesepian, karena dia memiliki teman-teman baru.

Baca juga Dongeng Keberanian Membawa Keberuntungan

Setiap hari, Adi pergi ke hutan untuk bermain dan bercerita dengan teman-teman barunya. Dia merasa sangat bahagia dan tidak lagi merasa sedih.

Akhirnya, Adi mengetahui bahwa bahagia tidak hanya didapatkan dari teman manusia, tetapi juga bisa didapatkan dari teman-teman hewan. Dia bersyukur atas hadiah yang diberikan oleh burung kecil tersebut dan merasa sangat beruntung memiliki teman-teman yang bisa dia ajak bermain setiap hari.

Dari kisah Adi, pesan moral yang bisa kita ambil adalah kita bisa belajar bahwa bahagia tidak hanya datang dari manusia, tetapi juga bisa didapatkan dari hewan dan alam sekitar. Kita harus bersyukur atas apa yang kita miliki dan tidak pernah merasa kesepian karena selalu ada teman-teman baru yang bisa kita temukan di tempat yang tidak kita duga.

Berdiri sejak 2017, Busa Pustaka hingga saat ini telah memberikan akses baca hingga ribuan anak di Provinsi Lampung. Berawal dari tak sampai sepuluh buku dan saat ini memiliki koleksi ribuan buku anak yang terus ingin ditambah demi memfasilitasi banyak anak membaca.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru

Scroll to Top