Bagaimana cara menerapkan literasi pada anak usia dini?

tips meningkatkan literasi pada anak

Literasi adalah kemampuan membaca dan menulis, serta pemahaman terhadap informasi yang diperoleh dari berbagai sumber. Kemampuan literasi sangat penting bagi anak usia dini, karena akan membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan sosial, kognitif, dan bahasa. Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara menerapkan literasi pada anak usia dini dengan baik.


1. Mulai dari Rumah

Pendidikan literasi sebaiknya dimulai dari rumah. Orang tua dapat membantu anak mereka dalam membaca buku, menulis, serta mengajarkan mereka arti kata-kata yang baru. Orang tua juga harus memperhatikan waktu yang cukup untuk membaca buku bersama anak dan berbicara tentang apa yang telah mereka baca.

2. Membaca Buku dengan Anak

Membaca buku bersama anak usia dini adalah cara yang baik untuk meningkatkan kemampuan literasi mereka. Orang tua dapat membacakan cerita sederhana dan menanyakan pertanyaan tentang cerita yang dibacakan. Ini akan membantu anak untuk memahami alur cerita serta meningkatkan kemampuan mereka dalam mengingat kata-kata dan kalimat yang dibaca.

Baca juga Cara Meningkatkan IQ anak

3. Bawa Anak ke Perpustakaan

Bawa anak ke perpustakaan dapat membantu mereka untuk lebih mengenal buku dan membaca dengan baik. Anak dapat memilih buku-buku yang mereka sukai dan mengeksplorasi dunia baru yang tersedia di dalam buku.

4. Menulis bersama Anak

belaajr menulis dan literasi bersama anak
source : pexels

Orang tua dapat mengajak anak untuk menulis surat, kartu ucapan, atau jurnal kegiatan sehari-hari. Ini akan membantu anak untuk mengembangkan kemampuan menulis serta memperkenalkan mereka pada dunia literasi yang lebih luas.

Baca juga Ekskul Meningkatkan Literasi Anak

5. Menggunakan Kegiatan yang Melibatkan Buku

Orang tua dapat mengajak anak untuk membuat buku kecil atau menulis cerita pendek. Kegiatan seperti ini akan membantu anak untuk merangsang kreativitas mereka dalam mengekspresikan ide-ide mereka dan meningkatkan kemampuan menulis mereka.

6. Menonton Film yang Berbasis pada Buku

Menonton film yang berbasis pada buku dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan literasi mereka. Anak dapat membandingkan cerita dalam film dengan buku asli, dan memperluas pengetahuan mereka tentang cerita serta memperkenalkan mereka pada kosakata baru.

7. Mendorong Anak untuk Bertanya

bertanya untuk meningkatkan literasi
source : pexels

Orang tua dapat mendorong anak untuk bertanya tentang segala hal yang mereka lihat dan dengar. Ini akan membantu anak untuk meningkatkan kemampuan memahami informasi yang diberikan dan meningkatkan kemampuan verbal mereka dalam menyampaikan informasi. Jangan menahan anak untuk bertanya segala hal meskipun kita tidak mengetahui segala hal. Sebagai orang tua kita bisa mencari informasi bersama dan membantu mengajari cara memilah mana informasi yang valid dan tidak valid.

Baca juga Cara Percepat Tumbuh Kembang Anak

8. Menggunakan Media Digital yang Sesuai

tablet dan hp untuk literasi anak
source : pexels

Media digital seperti tablet atau smartphone dapat membantu anak untuk meningkatkan kemampuan literasi mereka. Namun, orang tua harus memastikan bahwa media digital yang digunakan aman dan tidak mengandung konten yang tidak pantas untuk anak-anak.

Berdiri sejak 2017, Busa Pustaka hingga saat ini telah memberikan akses baca hingga ribuan anak di Provinsi Lampung. Berawal dari tak sampai sepuluh buku dan saat ini memiliki koleksi ribuan buku anak yang terus ingin ditambah demi memfasilitasi banyak anak membaca.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru

Scroll to Top