Cara Meningkatkan Minat Baca pada Anak

Mengapa Membaca Itu Penting

Minat membaca penting karena dapat memperluas pengetahuan dan wawasan seseorang, meningkatkan kemampuan berpikir dan mengajak orang untuk bersikap kritis terhadap informasi yang diterima, serta dapat mengembangkan empati dan toleransi terhadap pendapat orang lain.

Memahami Konteks

Memahami konteks sebuah bacaan , berita atau topik pembicaraan adalah sangat penting di era sosial media , yang mana kita sering kebanjiran banyak informasi.

Dengan membaca , kita bisa mulai mengasah kemampuan kita untuk memahami konteks dari sebuah keadaan. Karena terkadang konteks dari sebuah keadaan tidak hanya tersurat tetapi juga bisa saja tersirat.

Ini penting untuk diajarkan ke anak kita sejak dini karena memahami konteks sebuah keadaan bukanlah hal yang mudah untuk diajarkan.

Baca juga : Cerita Rakyat

Terhindar Dari Hoax

Dengan kita yang sekarang mengalami “banjir informasi” di sosial media maupun media apapun , kita bisa saja “termakan hoax” dengan mudah. Hal tersebut dipicu juga oleh kurangnya kita membaca dan memahami situasi.

Dengan kita memahami konteks dari sebuah keadaan maka kita bisa terhindar dari kemungkinan “termakan hoax” meskipun cukup susah dilakukan.

Melatih Imajinasi Otak

Dengan membaca maka kita secara tidak sadar melatih otak kita untuk membayangkan sesuatu yang kita baca.

Pada anak hal ini sangat baik dan dianjurkan karena kemampuan imajinasi otak anak sedang tinggi – tingginya pada umur 1 – 5 tahun. Dengan berimajinasi , maka melatih dan membiasakan anak untuk bisa berpikir lebih kreatif dari biasanya.

baca juga : Cerita Dongeng

Cara Meningkatkan Minat Baca

Untuk anda yang merasa anak anda kurang suka membaca , berikut beberapa tips untuk meningkatkan keinginan membaca anak anda :

  1. Berikan anak buku-buku yang sesuai dengan usianya dan minatnya. Buku-buku tersebut harus menarik dan mudah dipahami anak.
  2. Ajak anak untuk membaca bersama. Jika anak masih kecil, bacalah buku bersama-sama dan jelaskan isi buku tersebut kepada anak. Jika anak sudah sedikit lebih besar, ajak anak untuk membaca sebagian buku dan Anda membaca sebagian yang lain.
  3. Berikan contoh yang baik. Jika Anda sendiri rajin membaca, anak akan mengikuti contoh Anda. Ajak anak untuk melihat Anda membaca buku dan jelaskan kepada anak tentang manfaat membaca.
  4. Buat suasana yang nyaman untuk membaca. Pastikan ruangan di rumah memiliki cahaya yang cukup dan suhu yang nyaman. Jika perlu, sediakan kursi yang nyaman dan meja yang tepat untuk membaca.
  5. Ajak anak untuk berdiskusi tentang buku yang dibaca. Tanyakan pendapat anak tentang isi buku tersebut dan diskusikan bersama. Ini akan membantu anak untuk lebih memahami isi buku dan memperkuat minatnya terhadap membaca.
  6. Berikan hadiah kepada anak setelah ia selesai membaca buku. Misalnya, berikan anak kartu mainan atau mainan kecil setelah ia selesai membaca buku. Ini akan meningkatkan minat anak untuk membaca buku lainnya.

Berdiri sejak 2017, Busa Pustaka hingga saat ini telah memberikan akses baca hingga ribuan anak di Provinsi Lampung. Berawal dari tak sampai sepuluh buku dan saat ini memiliki koleksi ribuan buku anak yang terus ingin ditambah demi memfasilitasi banyak anak membaca.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru

Scroll to Top