Biografi Raden Saleh

biografi raden saleh

Raden Saleh (1807-1880) adalah seorang seniman lukis asal Indonesia yang lahir di Solo, Jawa Tengah. Ia adalah salah satu dari sedikit seniman Indonesia pertama yang mempelajari seni lukis di Eropa, dan merupakan salah satu seniman terkenal di Eropa pada abad ke-19. Saleh menjadi terkenal karena lukisan-lukisannya yang menggambarkan kebudayaan dan keindahan alam Indonesia. Ia juga dikenal karena menggunakan teknik lukis yang canggih untuk menciptakan karya-karya yang indah dan detail. Selain itu, Saleh juga merupakan salah satu dari sedikit seniman Indonesia pertama yang memperkenalkan seni lukis kepada masyarakat Eropa. Ia meninggal pada tahun 1880.

Berikut beberapa karyanya :

Potret Pelukis Raden Saleh

Deskripsi : Gambar berasal dari makalah von Werner Kraus berjudul “Raden Saleh: Ein Malerleben zwischen zwei Welten.” (terjemahan bebas) “Raden Saleh: Seorang seniman yang hidup antara dua dunia.”

Medium : Canvas , Oil paint
Tahun Pembuatan : 1841
Dimensi Karya : cm x 71 cm x 86 cm

Potret Ary Prins

Deskripsi :
Koleksi pribadi. Karya ini dipamerkan di Pameran Monografis Raden Saleh “Raden Saleh dan Permulaan Lukisan Indonesia Modern“ dikuratori oleh Dr. Werner Kraus, 3 – 17 Juni 2012, di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Medium : Canvas , Oil paint
Tahun Pembuatan : 1839

Kincir Air

Deskripsi :Koleksi pribadi. Karya ini dipamerkan di Pameran Monografis Raden Saleh “Raden Saleh dan Permulaan Lukisan Indonesia Modern“ dikuratori oleh Dr. Werner Kraus, 3 – 17 Juni 2012, di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Tahun pembuatan : 1835

Medium : Oil Paint , Panel

Kuda, dengan dua singa dan seekor ular yang diserang

Deskripsi : Gambar berasal dari makalah von Werner Kraus berjudul “Raden Saleh: Ein Malerleben zwischen zwei Welten.”

Tahun Pembuatan : 1841

Medium : Canvas, Oil Paint


Sumber : archive.ivaa-online.org

Berdiri sejak 2017, Busa Pustaka hingga saat ini telah memberikan akses baca hingga ribuan anak di Provinsi Lampung. Berawal dari tak sampai sepuluh buku dan saat ini memiliki koleksi ribuan buku anak yang terus ingin ditambah demi memfasilitasi banyak anak membaca.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru

Scroll to Top