Biografi Presiden Joko Widodo

Joko Widodo, juga dikenal sebagai Jokowi, adalah Presiden Indonesia saat ini. Ia lahir pada tanggal 21 Juni 1961 di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.

Jokowi adalah anak bungsu dari empat bersaudara dan tumbuh dalam keluarga sederhana. Ayahnya adalah seorang penjual kayu dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Ia menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di kampung halamannya dan kemudian mengejar gelar di bidang kehutanan di Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

Setelah menyelesaikan kuliahnya, Jokowi bekerja sebagai pengusaha mebel di Surakarta. Dia mendapatkan pengakuan untuk bisnisnya yang sukses dan dikenal karena kepribadiannya yang rendah hati dan rendah hati.

Pada tahun 2005, Jokowi terpilih sebagai walikota Surakarta dan menjabat selama dua periode hingga tahun 2012. Di bawah kepemimpinannya, Surakarta mengalami pertumbuhan ekonomi dan perbaikan di bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Baca juga : Biografi Tokoh Lainnya

Pada tahun 2012, Jokowi terpilih sebagai gubernur Jakarta dan terpilih kembali untuk masa jabatan kedua pada tahun 2017. Sebagai gubernur, ia melakukan berbagai reformasi dan inisiatif untuk meningkatkan kualitas hidup warga Jakarta, seperti perbaikan transportasi publik dan pemberantasan korupsi. .

Pada tahun 2014, Jokowi mengumumkan pencalonannya untuk pemilihan presiden dan menang dalam pertarungan ketat melawan lawannya. Ia dilantik sebagai Presiden Indonesia pada 20 Oktober 2014 dan terpilih kembali untuk masa jabatan kedua pada tahun 2019.

Sebagai Presiden, Jokowi berfokus pada peningkatan ekonomi, pemberantasan korupsi, dan peningkatan akses pendidikan dan kesehatan. Ia juga telah melaksanakan berbagai proyek infrastruktur, seperti pembangunan bandara dan pelabuhan baru.

Jokowi menikah dengan Iriana Joko Widodo dan memiliki dua putra. Ia dikenal karena dedikasinya dalam pelayanan publik dan upayanya untuk meningkatkan taraf hidup seluruh rakyat Indonesia.

Berdiri sejak 2017, Busa Pustaka hingga saat ini telah memberikan akses baca hingga ribuan anak di Provinsi Lampung. Berawal dari tak sampai sepuluh buku dan saat ini memiliki koleksi ribuan buku anak yang terus ingin ditambah demi memfasilitasi banyak anak membaca.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru

Scroll to Top