Biografi Presiden Soekarno

Soekarno adalah Presiden Indonesia pertama, menjabat dari tahun 1945 hingga 1967. Ia adalah tokoh kunci dalam perjuangan kemerdekaan negara dari penjajahan Belanda dan memainkan peran penting dalam pembentukan identitas nasional bagi bangsa.

Baca juga Fakta Menarik Ir.Soekarno

Lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901, Soekarno tumbuh dalam keluarga pendidik dan sangat dipengaruhi oleh cita-cita progresif orang tuanya. Ia mengenyam pendidikan di sekolah Belanda dan kemudian belajar arsitektur di Technische Hoogeschool te Bandoeng.

Setelah menyelesaikan studinya, Soekarno terlibat dalam gerakan nasionalis dan bergabung dengan Partai Nasional Indonesia, di mana ia dengan cepat menjadi terkenal sebagai tokoh utama dalam perjuangan kemerdekaan. Ia beberapa kali ditangkap dan dipenjarakan oleh Belanda karena kegiatan politiknya dan akhirnya diasingkan ke Pulau Bangka.

Baca juga : Biografi Tokoh Lainnya

Meskipun diasingkan, Soekarno terus menjadi kekuatan utama dalam politik Indonesia dan berperan penting dalam mendorong keberhasilan negara untuk kemerdekaan. Ia diangkat sebagai Presiden Indonesia pertama pada tahun 1945 dan memainkan peran penting dalam transisi negara menuju negara baru yang merdeka.

Selama menjadi Presiden, Soekarno melaksanakan serangkaian reformasi ekonomi dan sosial, termasuk pengenalan sistem kepemilikan tanah yang dinasionalisasi dan pembentukan negara kesejahteraan. Dia juga memainkan peran kunci dalam pembentukan Gerakan Non-Blok, sekelompok negara yang berusaha menjaga netralitas dalam Perang Dingin.

Masa Soekarno sebagai Presiden bukannya tanpa kontroversi. Dia dituduh melakukan korupsi dan otoritarianisme, dan pemerintahannya dikritik karena menekan oposisi politik. Terlepas dari tantangan tersebut, Soekarno tetap menjadi tokoh populer dalam politik Indonesia dan masih dikenang sebagai pahlawan nasional atas perannya dalam perjuangan kemerdekaan negara.

Soekarno meninggal pada tahun 1970, meninggalkan warisan abadi sebagai Presiden pertama Indonesia dan tokoh kunci dalam sejarah bangsa.

Berdiri sejak 2017, Busa Pustaka hingga saat ini telah memberikan akses baca hingga ribuan anak di Provinsi Lampung. Berawal dari tak sampai sepuluh buku dan saat ini memiliki koleksi ribuan buku anak yang terus ingin ditambah demi memfasilitasi banyak anak membaca.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru

Scroll to Top